Ratu Ilmu Hitam (1981)

ratu ilmu hitam takutnonton.wordpress.com

Adegan dimulai dengan suasana meriah pesta pernikahan antara anak kepala desa, Endang dengan seorang pemuda tampan yang bernama Kohar. Namun kemeriahan itu tak bertahan lama karena satu per satu keanehan mulai muncul, dimulai dari makanan yang berubah menjadi belatung hingga Endang yang histeris karena berhalusinasi melihat penampakan. Melihat gelagat yang tak beres tersebut, akhirnya diputuskan untuk memanggil dukun setempat yang berakhir dengan tewasnya dukun tersebut. Sebelum tewas, dukun tersebut meninggalkan pesan bahwa pelaku guna-guna tersebut berasal dari bagian barat. Kohar yang kalap langsung menuduh mantan kekasihnya yang bernama Murni sebagai pelakunya. Warga pun mendatangi rumah Murni dan membakarnya. Tak berhenti sampai disitu, Murni akhirnya dibuang ke jurang hingga kemudian diselamatkan oleh seorang dukun sakti yang bernama Gendon. Saat pembalasan pun dimulai. Gendon menurunkan semua ilmu hitam yang ia miliki kepada Murni dan membuatnya menjadi ratu ilmu hitam. Saat kondisi desa dipenuhi teror dari Murni, muncul pemuda asing bernama Permana yang mampu menangkal ilmu hitam milik Gendon. Siapakah Permana? Apa motif Gendon mewariskan ilmu hitamnya kepada Murni? Mampukah Murni membalas dendam atas luka yang telah dia alami?

ratu ilmu hitam razedsgn takutnonton

Tak mengherankan jika Suzanna disebut-sebut sebagai Ratu Horor Indonesia. Sosok menakutkan selalu melekat kuat pada setiap film yang dia perankan, baik sebagai ratu pantai selatan, sundel bolong, bahkan dukun sekalipun. Berperan sebagai Murni, Suzanna seakan-akan memerankan dua karakter sekaligus. Sebagai Murni yang lemah lembut yang tak berdaya dan sebagai ratu ilmu hitam yang sangat tangguh dan berwibawa. Kualitas akting yang sangat matang. Tak heran melalui film ini ia masuk nominasi Festival Film Indonesia sebagai pemeran utama wanita terbaik meskipun akhirnya penghargaan tersebut disabet oleh Jenny Rachman dalam film Gadis Marathon.

the queen of black magic takutnonton

Spesial efek yang digunakan di film ini terbilang luar biasa di jamannya. El Badrun selaku penanggung jawab mampu memperlihatkan kemampuannya melalui konstruksi lateks yang mumpuni seperti adegan kulit yang meletus, kepala yang terlepas, dan darah yang menyembur.  Senasib Suzanna, ia hanya terpilih masuk sebagai nominasi FFI dalam kategori tata artistik terbaik. Meskipun begitu karyanya di film ini sangat membekas di ingatan saya sejak saya masih kecil. Spesial efek sefrontal itu sudah jarang ditemukan di film horor lokal belakangan ini, bahkan mungkin tidak ada. Selain hal gore tersebut, kita juga disajikan suasana pedesaan dengan pemandangan yang indah.

ratu ilmu hitam (1981)

Ada banyak adegan absurd di film ini, beberapa diantaranya adalah adegan dimana Suzanna harus menyusui bayi. Adegan tersebut sangat menonjolkan aspek seksualitas, tak perlu saya jelaskan lebih lanjut. Entah apa yang ada di benak Imam Tantowi saat menyutradarai ini. Belum lagi adegan bercinta di pinggir sawah yang terkesan konyol, dimana ada kerbau lalu lalang ditemani Kohar yang sedang asyik makan jagung. Adegan berikutnya yang cukup mengagetkan adalah ular yang melilit di ayunan bayi. Saya penasaran siapa bayi yang berani memerankan adegan itu. LOL.

ratuilmuhitam takutnonton

Film ini menjadi salah satu film asia pertama yang didistribusikan secara luas di US dalam bentuk dvd. Makanya tak mengherankan kalau ada diantara kalian yang sudah menonton film ini dalam versi English Dubbing dan dengan judul yang berbeda yaitu The Queen of Black Magic. Selain itu film ini juga telah banyak mendapatkan pujian dari media dan kritikus film internasional. Bahkan ada yang menyandingkannya dengan film Carrie (1976) karya Brian De Palma karena memiliki beberapa kesamaan, yaitu aspek balas dendam yang dilakukan oleh seorang wanita dengan bantuan supranatural.

thequeenofblackmagic takutnonton

Sebagai penutup, saya ingin berterima kasih kepada channel Flik yang telah merestorasi film legendaris ini dalam bentuk HD. Semoga kedepannya akan ada lagi film cult horor yg dapat direstorasi selain Sundel Bolong dan Ratu Ilmu Hitam. Film ini memberikan pelajaran bagi kebanyakan film horor modern belakangan ini yang terlalu berlebihan dalam mengekploitasi hal-hal berbau seksual dibanding ekstrak horornya. Film ini bukan tanpa mengumbar seksualitas sama sekali, tapi film ini menggambarkan kesinergian antar aspek tanpa harus menitikberatkan pada hal yang sebenarnya bukan menjadi topik utamanya, seperti kebanyakan film horor lokal dewasa ini yang lebih fokus untuk menjaring penonton dengan gimmick-gimmick seksual yang berlebihan. Dan herannya, masih ada saja penonton yang mudah terpancing syahwatnya dengan mengeluarkan ongkos tiket menonton film-film semacam itu. Selama pola pikir penonton masih seperti itu, maka jangan harap kualitas film horor kita bisa mengalami peningkatan dibandingkan film jaman dulu yang justru terbatas dalam hal teknologi namun mampu memberikan sajian horor yang lebih berkualitas. Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s