Bilocation (2013)

Bilocation (2013)

Bilocation is a supernatural phenomenon in which an individual appears in two different places at the same time, which has been reported historically worldwide.

Shinobu Takamura adalah seorang pelukis yang berambisi menyelesaikan lukisannya untuk ikut bersaing dalam sebuah kompetisi. Disaat Shinobu sudah hampir putus asa, dia dikagetkan dengan bunyi bel rumahnya. Ternyata yang datang berkunjung adalah seorang tetangga baru bernama Masaru. Awal pertemuan itu akhirnya berujung pada pernikahan mereka berdua. Shinobu tampak bahagia menjalani kehidupannya sebagai ibu rumah tangga hingga suatu hari dia ditangkap karena dituduh sebagai pengedar uang palsu. Pegawai toko memperlihatkan bukti cctv bahwa 10 menit sebelumnya Shinobu datang berbelanja dan menggunakan uang dengan nomor seri yang sama ketika membayar di kasir. Siapa sebenarnya wanita yang sama persis dengan Shinobu itu?

bilocation takutnonton

Shinobu yang kaget saat menyadari ada orang yang sama persis dengannya akhirnya ditangani oleh seorang detektif yang bernama Takashi. Disitulah awal mula Shinobu paham tentang kejadian di hari itu. Ternyata ada beberapa orang yang mengalami hal yang sama seperti dirinya, termasuk detektif tadi, yang berusaha untuk menyelidiki eksistensi sosok yang menyerupai diri mereka sendiri. Mereka mengalami Bilocation, yaitu kondisi dimana ada alter ego mereka, yang sama persis dengan diri mereka, masuk ke dalam kehidupan dan berusaha merebut sesuatu yang paling paling berharga dari diri mereka. Bahasa simpelnya adalah masing-masing dari mereka memiliki kembaran dan berusaha untuk bersaing menjadi sosok yang nyata. Hari-haripun berlalu dengan penuh tekanan, karena kembaran mereka terus mengganggu dan mengancam nyawa mereka. Sosok asli mereka berusaha untuk bertahan dan menyingkirkan sosok bayangannya, begitu pula sebaliknya, hingga pada satu titik mereka dihadapkan dengan kebingungan, manakah sosok yang benar-benar nyata dan mana sosok yang palsu.

bilocation 2013

Film yang diangkat dari novel karya Haruka Hojo ini mengingatkan saya pada film Triangle (2009), dimana si sosok asli harus menghadapi sosok duplikatnya. Namun bedanya, Mari Asato menyajikannya dengan cara yang lebih rumit dan diwarnai dengan kisah drama beberapa karakter, dimana tiap karakter memiliki nilai kunci di plot cerita, tidak seperti Triangle yang hanya terkesan berfokus pada sosok Melissa. Selain itu Mari juga menambahkan flick-flick kecil seperti yang kita jumpai di film bertemakan vampire, dimana sosok duplikat dapat terdeteksi apabila bayangannya tidak muncul di cermin.

Bilocation 2013 jhorror

Bilocation menyajikan plot yang sangat kompleks, kita harus bisa mengingat kejadian apa yang terjadi sebelumnya untuk memahami twist yang terjadi di bagian akhir film. Film ini memiliki kekuatan dalam ceritanya. Jika boleh menentukan genrenya, saya lebih setuju jika film ini diklasifikasikan sebagai film bergenre psychologic thriller dan mystery dibandingkan horror. Karena kita tak akan menjumpai sosok hantu sedikitpun di film ini, begitu pula hal-hal yang bisa membuat jantung kita berdegup kencang, tapi otak kita diminta untuk berpikir dan mengingat kejadian-kejadian yang sebelumnya terjadi.

bilocation asami mizukawa

Ada beberapa scene dimana anda mungkin akan merasa bosan dan terlalu bertele-tele. Saya sendiri merasa agak bosan saat film masuk di bagian pertengahan, karena scene yang ada terasa seperti berulang-ulang. Tapi akhirnya itu berlalu dan menjelang akhir film semua terbayarkan. I loved it! Saya menyukai film ini bahkan sejak adegan awal dimulai yaitu munculnya  sosok bilocation di sebuah gereja di rusia, begitu pula dengan opening credit-nya yang berupa asap yang sangat menarik untuk diperhatikan. Ditambah dengan kualitas akting yang mumpuni dan kecantikan aktris favorit saya, Azami Mizukawa, membuat rasa bosan yang muncul bisa sedikit terobati.

bilocation wakuwaku japan takutnonton

Terima kasih juga untuk WakuWaku Japan Channel yang sudah mengenalkan saya dengan film bagus ini, bukan maksud promo karena saya juga tidak dibayar. Heheee. Untuk para pencinta horor dan gore, film ini mungkin akan jadi film yang sangat berat untuk dinikmati, tapi jika kalian menginginkan sajian horor dengan bumbu misteri yang berbeda, film ini jelas absolutely recommended!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s