Seru (2011)

seru (2011) malay

Sekelompok kru film yang sedang melakukan syuting film “Jangan Bernapas” tiba-tiba dikejutkan dengan kejadian supranatural yang membuat dua orang kru-nya kerasukan, tak sampai disitu, peralatan syuting mereka tak berfungsi karena tiba-tiba listrik mereka padam. Akhirnya mereka memutuskan untuk membatalkan syuting pada malam itu. Kekacauan makin menjadi-jadi setelah kru yang kerasukan tadi menyerang semua kru yang ada dengan membabi buta. Mampukah sisa kru yang ada bertahan? Kejadian mistis apakah yang sebenarnya sedang mereka hadapi?

seru/resurrection (2011) malaysia

Saya tadi cukup tertarik menonton film ini setelah ditayangkan di salah satu tv kabel. Saya pikir ini adalah film Indonesia. Berhubung sudah lama sekali saya tak menonton film horor lokal yang memuaskan setelah Keramat (2009). Tak tahunya ini film Malaysia. Kekhawatiran saya ternyata menjadi kenyataan, bahasanya terdengar tak nyaman di telinga saya. Terasa seperti menonton ipin upin. Sorry. Tapi saya memaksa diri saya untuk terbiasa dan berusaha menontonnya hingga selesai.

seru 2011 malaysia

Film ini bergenre horor dengan bergaya mockumentary. Ada cukup banyak film bergaya mockumentary mulai dari horror sampai sci-fi, tapi tak banyak yang terasa spesial, dan kalau boleh jujur, film ini termasuk salah satunya. Saya cukup terhibur saat tahu ini adalah mockumentary, karena kalau tidak, percayalah, saya tak akan mau menonton film ini karena kendala bahasa yang saya sebutkan tadi.

seru (2011) malaysia

Ada banyak sekali poin minus yang saya temukan dalam film ini yang membuat saya sulit untuk menikmatinya. Salah satunya adalah setting cahayanya. Dari awal film sampai akhir, cerita menggunakan setting di malam hari, tapi di beberapa scene terlihat bahwa hutan ini terlalu terang. Bahkan saya sempat berpikir setting berubah menjadi siang hari karena pencahayaan yang berlebihan. Fatal. Hal parah lainnya adalah, saya melihat ada darah yang terlalu encer. Mungkin properti yang mereka gunakan adalah sirup strawberry karena terlihatnya seperti itu. Bahkan makeup-nya terasa tak menyeramkan. Makeup orang terlihat seperti hantu dan makeup hantu terlihat seperti orang. Ckckckck.

seru (2011) takutnonton

Adegan yang seharusnya bisa lebih brutal dan mencekam jadi terasa gagal karena eksekusi yang terburu-buru. Selain itu, kemunculan para tokoh di depan kamera terasa sangat tidak natural. Inti dari film found footage adalah rekaman yang terus berjalan dalam kondisi apapun, jadi saya sama sekali tak mempersoalkan kenapa dalam kondisi tertekan kameramen masih tetap sigap merekam, tapi setidaknya kreator film harus memikirkan suatu cara agar kemunculan para tokoh di depan kamera bisa terasa real dan tidak memaksakan seperti yang terjadi di film ini.

seru (2011) takutnonton malaysia

Konflik yang terjadi di film ini juga terasa berlebihan, khususnya saat scene Jeff dan kameramen melihat penampakan di jendela. Mereka berdebat hebat dengan sutradara yang tak percaya bahwa ada penampakan. Scene itu sangat bodoh! Kameramen bisa langsung menunjukkan bukti rekaman tanpa harus saling berdebat and then case closed. Selain itu sutradara diceritakan tidak percaya tentang takhayul, tapi dia marah-marah karena salah satu kru tak menyertakan pemuka agama untuk mengamankan tempat itu. Sangat kontradiktif bukan? Bad script.

seru takutnonton 2011

Ada banyak kekurangan di film ini yang mungkin akan sangat panjang untuk dibahas. Penampakan yang sama sekali tak menakutkan, tak ada hal yang mengagetkan, dll. Film horor ini terasa sangat konyol. Ya, konyol tanpa tanda kutip, which is seriously silly. Satu-satunya yang saya sukai hanyalah setting tempat yang berlokasi di dalam hutan, sisanya? Mengecewakan. Nilai total yang saya berikan mungkin hanya setara dengan film mockumentary india yang berjudul Ragini MMS (2011), tiga dari sepuluh poin. Jika kalian memang penyuka film found footage, film ini bisa menjadi referensi tambahan anda meskipun mungkin sangat mengecewakan.

Leave a Reply

