Greedy Guts (2000)

otesanek

Bozena (Veronika Zilkova) dan Karel (Jan Hartl) merupakan pasangan yang suami istri yang bahagia, namun semua berubah disaat Bozena dan Karel divonis dokter bahwa mereka tidak bisa memiliki anak. Bozena selalu meratapi nasibnya dan dilanda kesedihan setiap hari karena ia sangat menginginkan seorang anak. Untuk melupakan masalah istrinya, Karel pun mengajak Bozena untuk pergi berlibur di sebuah cottage. Namun hal itu tak kunjung bisa mengusir rasa sedih yang dirasakan istrinya. Karel akhirnya mencoba untuk membuat boneka kayu berbentuk bayi untuk diberikan kepada Bozena agar istrinya itu bisa sedikit terhibur. Ternyata itu menjadi awal dari segala malapetaka yang akan menghampiri mereka. Bozena menganggap boneka kayu itu adalah bayi sungguhan dan mengganggapnya sebagai anaknya.

little otik takutnonton

Karel yang menyadari ketidakwarasan istrinya akhirnya mencoba untuk memotong boneka itu, namun dihalangi oleh Bozena yang mengamuk dan telah dibutakan oleh rasa frustasi untuk bisa memiliki seorang bayi. Hari demi hari berlalu, Bozena merawat boneka itu selayaknya bayi sendiri. Waktu yang telat ditunggu akhirnya tiba, boneka itu secara mengejutkan hidup dan bernyawa. Karel dan istrinya harus memutar otak agar tak ada yang menyadari sosok asli dari bayi tersebut. Ketidakwajaran sosok bayi tersebut pada akhirnya memunculkan berbagai hal-hal yang tak pernah disangka, musibah datang silih berganti. Otik memiliki keinginan makan yang berlebih, saat Karel dan istrinya tak mampu memenuhinya, apa lagi yang harus mereka berikan?

otesanek greedy guts

Film ini memiliki judul lain yaitu Otesánek, yang diangkat ke layar sinema berdasarkan kisah dongeng dari Czech. Greedy Guts memadukan teknik stop motion dari karakter Otik dengan aktor nyata. Perpaduan itu mampu menjembatani antara dunia nyata dan fiktif. Which is unique i think. Film dibuka dengan adegan yang cukup abstrak, dimana bayi diperjualbelikan dengan mudah seperti sedang menjual ikan. Sangat kontras dengan apa yang dialami oleh keluarga Karel yang kesulitan untuk bisa mendapatkan seorang bayi.

otik little otik otesanek

Selain dark comedy, kita juga akan menemukan beberapa poin surrealism di film ini. Salah satunya adalah saat adegan retsleting seorang kakek bernama Zlabek terbuka dan mengeluarkan tangan saat memandangi remaja puber bernama Alzbetka. Film ini mengangkat tema yang memang tak biasa seperti pedofil, masa puber, bahkan infertilitas. Akan ada banyak kegilaan yang akan anda jumpai, terlepas dari Bozena yang memang gila. Jan Svankmajer mampu mengurai banyak kegilaan yang ia ciptakan tanpa keluar dari fokus utamanya, kegilaan Otik dan ibunya, ditambah pula kepolosan Alzbetka yang menambah runyam konflik-konflik yang ada.

greedy guts gore

Satu-satunya yang mengganggu mungkin cuma durasinya yang terlalu lama, mencapai 126 menit. Mungkin film ini bisa lebih dipadatkan dengan mengurangi adegan hening dan adegan sorot close-up yang mungkin kebanyakan. Bisa dibilang alurnya terkesan lambat. Saya sendiri bahkan merasa tidak sabar untuk segera lompat ke bagian final chaos-nya. Ada beberapa adegan nudity namun hanya mengarah ke nonsexual scene dan sebagai unsur pelengkap film. Untuk adegan gore masih terbilang wajar dan tak berlebihan. Bahkan ada satu adegan yang sangat saya sukai yaitu ketika Otik kelaparan dan langsung memakan rambut ibunya. That’s just…disturbing.

little otik greedy guts takutnonton

Penggabungan banyak unsur seperti fantasi, drama, dark comedy, thriller, horor, animasi, gore, hingga surrealism benar-benar membuat film ini amat layak untuk dinikmati. Jan Svankmayer, sekali lagi, sukses membuat karya bertema stop motion animation, setelah di film sebelumnya juga sukses menggarap berjudul Alice (1988) dan Faust (1994) dengan cara yang hampir sama. Jika kalian mencari film yang tak biasa sekaligus menghibur, film inilah jawabannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s