The Uninvited (1944)

the uninvited

Dua orang kakak beradik, Roderick Fitzgerald (Ray Milland) dan Pamela Fitzgerald (Ruth Hussey), sedang berlibur dan melalui kejadian yang tak disengaja, mereka menemukan rumah tak berpenghuni di dekat tebing pinggir laut. Saat masuk ke dalam, Pam langsung jatuh cinta pada rumah tersebut dan berkeinginan untuk membeli rumah itu. Sadar bahwa rumah itu terlihat besar dan mahal, mereka berdua mencoba patungan untuk membeli rumah tersebut. Tak disangka, sang pemilik mengiyakan keinginan kakak adik itu dengan harga yang cukup miring, meskipun cucu dari si pemilik itu, Stella Meredith, menolak keras keputusan kakeknya karena ia merasa memiliki kenangan kuat semenjak ia dilahirkan di rumah itu. Sang kakek, Commander Beech, tetap tak bergeming dan tetap memutuskan untuk menjual rumah itu. Setelah pindah, ternyata mereka menemukan kenyataan yang tak mengenakkan, rumah itu ternyata menyimpan kisah rahasia yang tragis dan tentunya berhantu. Tak hanya satu, tapi dua! Rick dan Pam akhirnya mau tak mau mencoba mengungkap rahasia tersembunyi dari rumah itu satu per satu sekaligus memecahkan cara untuk mengusir hantu yang telah lama bersemayam di rumah tersebut.

the uninvited 1944

Dewasa ini, film-film hollywood seakan-akan berusaha menanamkan stereotype bahwa ceceran darah, bagian tubuh terbelah, efek CGI, make up seram, efek suara mengagetkan akan mampu membuat penonton kencing di celana saking ketakutan. Mereka lupa bahwa pada tahun 1944 ada film yang digarap dengan efek suara, efek visual, serta tata cahaya yang sangat sederhana yang mampu meninggalkan rasa ketakutan yang berkesan bagi para penontonnya, The Uninvited (1944).

the uninvited 1944

Lewis Allen, selaku sutradara mampu menghadirkan atmosfer yang tepat jika kita berbicara tentang apa itu horor, tanpa memaksa penonton untuk harus kaget karena efek sound yang sering kita jumpai di beberapa film horor belakangan ini. That kind of jumpscare is so cliche. Hanya dengan suara tangisan halus dan scoring musik, Allen bisa menghadirkan rasa takut tanpa harus memperlihatkan sosok hantunya.

the uninvited (1944)

Untuk kualitas akting tak perlu dipermasalahkan lagi, Gail Russell yang memerankan Stella tampak sangat eye catchy di depan kamera. Wajah sendunya, konflik batin masa lalunya, serta kisah romantisnya bersama Rick sangat tepat dengan alunan scoring musik di film ini. Begitu pula beberapa celetukan komedi antara Rick dan Pam yang kadang terjadi terasa sangat natural, membuat film ini tak melulu dilingkupi nuansa kesedihan, terlepas dari filmnya yang memang hitam dan putih.

uninvited 1944

Film yang diadaptasi dari novel karangan Dorothy Macaradle ini juga menawarkan pengalaman musikal yang menarik untuk didengar. Lantunan jazz dan musik orkestra mampu menggambarkan tiap scene yang ada. Salah satunya adalah “Stella by Starlight”, yang didalam film ceritanya diciptakan oleh Rick untuk Stella, menjadi lagu hits tiga tahun kemudian setelah film ini rilis. Musik ciptaan Victor Young tersebut menjadi top hits setelah mengalami penambahan lirik yang dibuat oleh Ned Washington. Pada tahun 1944 lagu tersebut sempat masuk nominasi Oscar dalam kategori Dramatic Score, namun sayang Victor Young gagal memenangkannya.

the uninvited (1944)

Cobalah menonton dan resapi film ini sendirian dalam gelap, mungkin saat menonton terasa biasa saja, tapi setelahnya anda pasti akan terbayang-bayang dengan beberapa scene yang telah anda tonton seperti penampakan di tangga, erangan tangis pilu dari sosok hantu, pintu yang tiba-tiba terbuka dengan sendirinya, dan lain-lain. Terlebih jika anda berada sendirian dalam rumah. Film ini menawarkan sajian sederhana dengan pengalaman horor yang berbeda dan tentunya dengan beberapa twist di dalamnya. Very recommended!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s