The Houses October Built (2014)

91RFJxfzh4L._SL1500_

Berceritakan tentang 5 orang, 4 pria 1 wanita, yang ingin mencoba mendokumentasikan kegiatan mereka untuk mencari wahana rumah hantu terseram yang pernah ada dalam rangka Halloween. Dimulai dengan menyewa RV (Recreational Vehicle) dan memasang kamera disetiap sudut kendaraan, mereka memulai perjalanan mereka. Awalnya mereka cukup antusias untuk mencoba tiap wahana rumah hantu yang ada namun lama kelamaan mereka merasa bahwa wahana-wahana tersebut tak cukup seram lagi untuk bisa membuat mereka ketakutan. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih ekstrim. Akhirnya berdasarkan rumor-rumor yang beredar, ada satu wahana yang benar-benar membuat pengunjungnya merasakan ketakutan yang sebenarnya yaitu Blue Skeleton, semua aksi dilakukan wahana tersebut secara nyata, dikejar dengan chainsaw, dikubur hidup-hidup, dan disekap, semua itu dilakukan untuk membuat pengunjung tersebut merasakan arti dari kata takut. Mereka akhirnya berhasil menemukan wahana underground tersebut dan menyadari bahwa penyesalan selalu datang belakangan.

the_houses_5_zps60774ce6.jpg~original

Film found footage ini sebenarnya memiliki tema yang unik dan menjanjikan. Namun bagi saya, potensi tersebut tak digali lebih dalam. Seharusnya film ini bisa mentransfer rasa takut dan panik yang para tokoh alami kepada para penonton, tapi sayang sekali itu gagal. Sepanjang film hanya ada dialog membosankan, meskipun para badut bertopeng seram yang muncul merupakan nilai plus.

housesss

Untuk kualitas aktingnya pun menurut saya tidak berimbang, ada yang terlalu mendominasi  (dan untungnya bagus) dan ada yang bahkan tak ada dia dalam cerita pun tak akan berpengaruh apa-apa. Saya pribadi tak terlalu terkesan dengan akting tokoh Bobby yang diperankan oleh Bobby Roe, dia keliatan terlalu tua untuk ada dalam kelompok ini. Dan setelah mencari info lainnya, ternyata film ini sudah pernah dibawakan dengan judul dan cast yang persis sama pada tahun 2011, yang berbeda mungkin adalah jumlah cast-nya dan durasi film sebanyak empat menit.

The-Houses-October-Built-853x535

Setelah menonton, mungkin wajar apabila ada pertanyaan yang muncul dan tak terjawab dari film ini, seperti “siapa para pembunuh tersebut?”, “apa motif mereka melakukan hal tersebut?”, dan lain-lain. Bagi saya, tensi horor dalam film ini terasa flat dan cenderung membosankan. Bagi saya yang penyuka genre found footage pun merasa terganggu dengan tata kamera yang terlalu gelap dan berpindah-pindah menjelang bagian akhir film. Namun dari beberapa ulasan negatif yang saya berikan, tetap ada satu scene yang mungkin menarik juga untuk para penonton lain, yaitu saat doll girl dari komplotan badut naik dan masuk ke dalam RV.

29906170001_3829387149001_video-still-for-video-3829227303001

Film bertema halloween ini harusnya memberikan kesan horor yang baik, namun sayangnya gagal, film ini terasa seperti film dokumenter biasa yang tak digarap dengan baik, saya memberi 4 bintang dari 10 bintang untuk film ini. Tapi bagi penyuka found footage, film ini masih layak untuk ditonton kok 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s