Chained (2012)

url

Saat Tim masih berumur 9 tahun, Tim dan ibunya mengalami penculikan oleh psikopat yang berprofesi sebagai sopir taksi yang bernama Bob. Mereka berdua akhirnya dibawa ke kediaman Bob dan Tim, bocah yang masih berumur 9 tahun harus mengalami kejadian yang mungkin membuatnya trauma, ia menyaksikan dan mendengar teriakan ibunya yang disiksa oleh Bob dan pada akhirnya ibunya tewas dibunuh oleh psikopat tersebut. Tim akhirnya disandera oleh Bob dan harus tinggal di rumah psikopat tersebut selama bertahun-tahun hingga dia beranjak remaja. Tim kemudian diberi nama oleh Bob dengan panggilan Rabbit. Selama tinggal dirumah itu, Rabbit disuruh mengurus beberapa keperluan rumah bahkan sampai harus membereskan sisa-sisa kekejaman dari Bob, yaitu mayat-mayat korban pembunuhan. Mulai dari membersihkan ceceran darah sampai mengubur mayat-mayat tersebut di ruangan khusus. Semua dijalani Rabbit dengan kondisi tangan tergembok sehingga ia tidak bisa melarikan diri dari rumah tersebut. Rutinitas itu terus berlanjut hingga akhirnya Bob merasa sudah waktunya bagi Rabbit untuk belajar seperti dirinya. Ya, Bob mengganggap dirinya sebagai ayah, sehingga ia merasa bertanggung jawab untuk menurunkan “sifat-nya” kepada Rabbit yang dianggap anaknya. Sudah saatnya Bob memiliki generasi penerus. Semua informasi mengenai anatomi tubuh diajarkan pada Rabbit hingga ia mulai pandai untuk mengerti semua fungsi dari organ-organ tubuh. Hingga pada suatu saat, Rabbit harus mengaplikasikan apa yang telah diajarkan Bob pada dirinya, sanggupkah Rabbit meneruskan jejak dari “ayahnya”?

chained-movie-rabbit-little-kid

Pertama-tama saya ingin mengatakan bahwa film ini mengangkat isu-isu yang tabu untuk diketahui. Thriller psikologis ini memiliki tema yang berat namun secara jalan cerita mudah untuk dipahami. Rape, kidnapping, gore, dan bahkan incest diangkat menjadi tema dalam film ini. Bagaimana masa kecil Bob mempengaruhi kehidupannya hingga menjadi psikopat seperti sekarang ini ditampilkan tidak secara eksplisit namun sudah cukup mampu membuat kita untuk memahaminya. Cara Bob menggambarkan perilaku psikopatnya sangat bagus, meskipun tanpa harus menonjolkan tingkat gore yang berlebihan. Semua terasa pas.

902d09bc631c8fb1326508be7ba

Kualitas akting psikopat dari Bob yang diperankan oleh Vincent D’Onofrio juga cukup bagus, tekanan batin dari siksaan masa kecil yang ia alami mampu tergambar dengan cukup baik. Perubahan emosi yang tidak stabil mulai dari sosok yang simpatik hingga menjadi sosok yang brutal membuat kualitas aktingnya patut diacungi jempol. Namun yang paling mencuri perhatian adalah akting dari Rabbit (Evan Bird). Tak mudah untuk memerankan tokoh remaja introvert yang mengalami tekanan batin selama bertahun-tahun dan Evan mampu menjalankan tugasnya tersebut dengan sangat baik. Ia mampu menunjukkan emosi yang tertahan sekaligus perasaan bimbang ketika dididik untuk menjadi generasi penerus dari Bob.

eaae5e04a259d09af85c108fe4d7dd0c_567x210

Jennifer Lynch yang menyandang nama besar ayahnya, David Lynch bisa dibilang sukses dalam menyutradarai film ini, meskipun saya merasa 15 menit terakhir dalam film ini terkesan dipaksakan. Endingnya terkesan terburu-buru dan cukup disayangkan mengingat plot yang dibangun sejak awal film sudah sangat baik. Sisi positifnya adalah, Jennifer Lynch tak terjebak dengan stereotipe film sejenis yang biasanya terlalu menitikberatkan pada bagian torture-porn meskipun tema kekerasan seksualitas dalam film ini berpotensi cukup kuat. Namun yang dititikberatkan adalah bagaimana hubungan antara Bob dan Rabbit dapat terjalin hingga sedemikian rupa, bukan semata-mata adegan kekerasan yang terus dieksploitasi.

Chained-001-farren-and-angie

Selain itu, film ini juga menggambarkan bagaimana efek kekerasan dapat berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Overall, film ini cukup menyenangkan untuk ditonton dan saya tak ingin menyertakan bagian ending ke dalam penilaian saya karena saya merasa hal tersebut tidak begitu penting dalam film ini. Selamat menikmati 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s