Exists (2014)

222

Lima belas tahun berlalu semenjak Eduardo Sanchez menelurkan salah satu masterpiece horor terbaik yang pernah ada, The Blair Witch Project (1999), kini ia kembali setelah sebelumnya hanya berkutat dengan karya pendek di anthology V/H/S/2 (2013) – “A Ride in the Park”. Exists menandai nostalgianya ketika Blair Witch diciptakan, sebuah mockumentary yang juga digarap di alam bebas penuh pepohonan, jalan berliku, dan mencekamnya siang ataupun malam.

url

Berkisah tentang sekelompok muda mudi yang sedang travelling ke kabin milik pamannya di tengah hutan. Namun ditengah perjalanan, mereka menabrak sesuatu. Mengira itu hanya seekor hewan, mereka tetap melanjutkan perjalanan. Sesampainya di kabin, ternyata tak sesuai dengan ekspektasi mereka. Kabin itu sangat berantakan dan tak terurus setelah ditinggalkan pamannya tanpa alasan yang jelas. Mereka akhirnya memutuskan untuk tidur di dalam mobil, sampai akhirnya mereka menyadari ada sesuatu yang mengawasi mereka, si kaki besar alias Bigfoot 😀

url1

“Experts Agree The Creatures Are Only Violent If Provoked”. Penggalan kalimat tersebut menjadi jawaban dari sebuah pertanyaan, “Mengapa makhluk itu mengincar mereka?”. Ya, yang mereka tabrak tadi ternyata bukan sekedar hewan biasa, melainkan Bigfoot. Sejak saat itu, dimulailah hari-hari penuh ketegangan, mereka terus mencoba untuk bisa survive dari teror Bigfoot tersebut. Mampukah mereka semua bertahan?

maxresdefault

Ekspektasi saya saat menonton karya mockumentary terbaru Sanchez sepertinya terlalu tinggi. Itulah kenapa saya selalu bias untuk berusaha membandingkannya dengan Blair Witch. Dimulai dari kualitas akting para pemainnya, saya rasa tak lebih baik dari Bigfoot-nya itu sendiri, sorry to say. Bahkan pengambilan keputusan dari beberapa adegan panik terkesan terlalu cheesy, misal saat mereka menemukan ruang dibawah rumah. Beruntung Sanchez masih bisa menjaga tensi dari tiap kemunculan Bigfoot, baik dari suara geramannya maupun gerakannya yang sulit ditangkap kamera, membuat saya penasaran seperti apa wujud sesungguhnya dari makhluk ini.

exists4

Kejeniusan Sanchez dalam membuat karya seperti ini sebenarnya masih sama seperti saat menggarap Blair Witch, yaitu berawal dari legenda setempat, kepercayaan, rasa ingin tahu, kekacauan, semua diolah hingga kali ini terpilihlah tema Bigfoot, setelah sebelumnya di karya awal bertemakan black magic.  The Blair Witch Project adalah film yang tak pernah bosan saya tonton berulang kali, namun untuk Exists ini sekali saja mungkin sudah cukup. Meskipun demikian, film ini masih layak saya rekomendasikan untuk ditonton. Dari beberapa film yang menampilkan Bigfoot dalam tokohnya, jelas ini film Bigfoot terbaik yang pernah saya tonton.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s