Misery (1990)

MIsery

Fun-fuckin’-tastic! Itu adalah gambaran perasaan sesaat setelah saya menonton film ini. Stephen King sangat pandai dalam menggambarkan apa itu horor dalam kondisi sehari-hari, sederhana namun mencekam. Ya, film ini diadaptasi dari novel karya seorang penulis handal, Stephen King. Ia mampu merubah mengubah sesuatu yang terlihat baik-baik saja menjadi bencana dengan sangat rapi dan Rob Reiner merealisasikannya di film ini dengan tak kalah rapi seperti penulisnya.

kathy-bates-misery-388

Bercerita tentang seorang penulis terkenal, Paul Sheldon (James Caan) yang tengah menyelesaikan sekuel akhir dari karya novel terkenalnya, Misery, di sebuah cottage. Namun naas, ketika ia telah rampung dengan novel yang ia garap dan akan dibawa ke New York, sebuah bencana terjadi. Mobilnya berkutat dengan badai salju yang buruk dan membuatnya mengalami kecelakaan, mobilnya terperosok ke jurang. Paul terjebak di dalam mobilnya dengan kondisi terluka dan cuaca diluar yang buruk. Tanpa diduga, malaikat penyelamat pun muncul. Annie Wilkes (Kathy Bates), yang belakangan diketahui sebagai seorang “number 1 fans of Paul Sheldon” muncul dan menyelamatkan Paul dari kecelakaan itu.

rccibbbohnaxbig

Paul terbangun dalam kondisi memar dan patah tulang di kediaman Annie. Annie yang merupakan fans fanatik dari karya-karya novel Misery merawat Paul dengan sangat telaten. Semua nampak baik-baik saja sampai Paul mengijinkan Annie membaca sekuel dari Misery yang belum sempat diterbitkan itu. Sosok mengerikan Annie langsung terlihat ketika ia marah pada Paul karena tokoh dari novel tersebut, Misery Chastain, harus mati. Mimpi buruk itupun dimulai. Paul harus menghadapi teror psikopat dan menghadapi ketidakberdayaan hari demi hari bersama Annie, yang menuntut Paul untuk menghidupkan kembali tokoh dalam novel tersebut.

Misery-at-Unsung-Films1

Stephen King merupakan seorang penulis yang terkenal dengan karya-karyanya yang lebih menekankan pada aspek psikologis dibanding manipulasi fisik dalam mengeksplorasi rasa takut seseorang. Film ini tanpa perlu adegan sadis, telah mampu mengantarkan perasaan mencekam yang mendalam. Sangat jenius! Kathy Bates mampu memerankan karakter Annie yang terlihat penuh dengan kebaikan menjadi kegilaan, teror, dan ketakutan dengan sangat nyata. Tak heran karena peran ini, Kathy mampu meraih penghargaan piala Oscar untuk kategori “Best Actrees”. Kualitas aktingnya di film  ini tak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan James Caan yang memerankan Paul Sheldon, aktingnya mampu membuat rasa keputusasaan menjadi sangat tersampaikan dan setiap tindakan yang dilakukannya mampu mengundang simpati dari penontonnya.

Menurut saya, Rob Reiner berhasil membawa karya cerita ini ke dalam layar dengan sangat apik. Alur yang sederhana dan mungkin mudah untuk ditebak tak mengurangi estetika dari film ini, itu karena penonton disuguhi oleh kualitas akting yang sangat sempurna dari seorang Kathy Bates dan pemeran lainnya. Karya thriller ini sangat mudah untuk dinikmati, bahkan untuk kalian yang mungkin kurang menyukai genre thriller dan tak suka untuk menonton banyak adegan sadis. You’ll gonna like it, i assured you!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s