Tesis (1996)

84568

Angela, adalah seorang mahasiswi yang sedang menyelesaikan tesisnya mengenai audio visual-violence namun terkendala dengan materi yang masih kurang. Ia akhirnya meminta tolong kepada dosen pembimbingnya, Figueroa, untuk mencarikan video kekerasan sebagai bahan tesisnya. Pencarian video itu membawa Angela mengenal Chema, seorang fanatik video sadis yang akhirnya menjadi temannya.

53b3ed3ed66c3

Suatu hari Angela mendapati dosen pembimbingnya yang meninggal ketika tengah menonton video, ia akhirnya mengambil kaset video yang ditonton tersebut dan merahasiakannya kepada siapapun, sampai akhirnya Chema mengetahuinya. Video tersebut berisi rekaman penyiksaan sadis yang berujung kematian dari seorang mahasiswi yang dikabarkan hilang dua tahun yang lalu di univertas tempat Angela dan Chema kuliah.

url

Petaka itupun dimulai. Mereka terjumus dalam kisah penyelidikan asal-usul dari kaset video tersebut, yang tanpa mereka sadari berujung ke masalah yang amat serius dan bisa membahayakan nyawa mereka.

Tesis merupakan satu dari beberapa film yang sukses dibuat meskipun dengan dana yang tak besar dan lebih spesialnya lagi merupakan karya debut dari seorang Alenjandro Amenabar. Terbukti dengan berhasilnya Tesis memboyong 7 penghargaan dari Goya Awards, setara dengan Oscar Awards versi Spanyol sana. Mengawali debutnya dengan sangat baik, thriller-mystery ini mampu disajikan dengan plot twist yang menurut saya sangat sukses.

11rqdc0

Bahkan di 30 menit pertama saya dengan sangat yakin telah menemukan dalang dari semuanya dan ternyata saya salah. Twist tak hanya muncul di ending film, but it’s everywhere! Hal itu membuat saya harus meralat ulang keyakinan saya dan kembali bertanya-tanya menebak siapa dalang dari semua ini. Akting dari Angela (diperankan oleh Ana Torrent) dan Chema (Fele Martinez) sangat fokus dan tajam. Ditambah dengan tokoh lain seperti Bosco (Eduardo Noriega) dan Castro (Xabier Elorriaga) yang yang membuat film ini tak mudah untuk ditebak.

Namun film ini bukan tanpa kekurangan. Amenabar menyajikan film ini dengan konsep yang terlalu Hollywood, sehingga terkesan “cari aman” dan halus untuk ukuran thriller yang sebenarnya bisa digali lebih dalam. Saya sebenarnya berharap film ini bisa dibumbui dengan tingkat kesadisan yang cukup tinggi dan membuat penonton tak sekedar penasaran tapi juga merasakan teror dari konsep violence-nya. Tak cukup banyak teror kekerasan yang ditampilkan di film ini. Namun itu semua bisa dimaklumi karena ini merupakan karya debutnya dan dengan dana yang tak banyak, hanya sekitar 600.000 euro.

Kesimpulannya, kalau kalian penggemar thriller-mystery dan tak terlalu menyukai banyak ceceran darah serta suka menebak-nebak, film ini sangat cocok dan wajib masuk dalam watching list kalian. Highly recommended!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s