The Brood (1979)

The-Brood1

Ini film kedua besutan David Cronenberg yang sudah saya nonton. Sebelumnya, The Fly (1986) sudah berhasil membuat saya jatuh cinta dengan karyanya. Dan ternyata di film ini Cronenberg masih tetap berkutat dengan genre film yang sebelumnya saya tonton, yaitu perpaduan antara horror dan sci-fi dan tak ketinggalan dengan ciri khasnya yang menurut kebanyakan orang, disgusting! Cronenberg senang memainkan teknik body horror, yaitu dengan mengeksploitasi rasa takut seseorang melalui penampakan transformasi tubuh yang tak lazim baik itu melalui mutasi, infeksi, dan cara-cara yang tak terduga lainnya. Keren banget menurut saya.

Film ini dimulai dengan adegan role-play terapi yang dilakukan oleh Dr. Hal Raglan kepada salah satu pasiennya yang sedang bermasalah dengan pribadinya. Pasien tersebut mengekspresikan rasa amarahnya kepada Raglan yang berperan sebagai ayah dari pasien tersebut. Rasa amarah yang keluar itu disalurkan menjadi luka di tubuh si pasien. Rasa sakit secara psikologis tersebut dikonversikan menjadi luka fisik. Semakin pasien tersebut mengekspresikan amarahnya, maka tubuhnya semakin dipenuhi lebam. Belakangan, teknik Raglan tersebut dikenal dengan sebutan Psychoplasmic dan dikembangkan di tempat terapi Raglan, Somafree.

Salah satu pasiennya, bernama Nola Carveth, mengalami masalah dengan kehidupan rumah tangganya bersama Frank Carveth, serta masalah hak asuh anaknya, Candy Carveth. Akibatnya, Nola harus menjalani isolasi di Somafree untuk memulihkan psikisnya. Tak hanya masalah rumah tangga dan hak asuh anak, Nola memiliki masa kecil yang kelam, orang tuanya merupakan pasangan alcoholic dan mereka telah bercerai. Nola kerap disiksa oleh ibunya. Proses terapi yang harus melibatkan Candy bertemu dengan Nola, ternyata ditentang oleh Frank yang mendapati luka di tubuh Candy. Frank menolak untuk melibatkan Candy dalam sesi terapi karena mengira Raglan tak becus mengawasi Nola yang telah melukai tubuh Candy.

Proses terapi itu ternyata berjalan diluar kebiasaan. Efek terapi yang dialami kebanyakan pasien ternyata tak seperti yang dialami Nola dan berujung dengan kematian orang-orang disekitarnya. Tak berhenti sampai disitu, kejadian itu juga mengancam keselamatan Candy sehingga harus membuat Frank turun tangan melindungi putrinya dan mengungkap misteri apa yang sebenarnya telah terjadi di Somafree. Apa yang telah dilakukan Raglan terhadap mantan istrinya? Apa penyebab kematian dari orang-orang disekitarnya?

faust-brood

Saya sebenarnya tidak begitu suka film horor yang mengeksploitasi anak kecil, kecuali The Omen Series. Namun saya cukup penasaran, kegilaan body horror seperti apa yang akan disajikan oleh Cronenberg. Dari segi akting, kualitas dari Dr. Hal Raglan yang diperankan oleh Oliver Reed sangatlah bagus dan mampu membuat saya penasaran apa motif dari segala tindak-tanduknya. Selain itu, sosok Candy yang diperankan oleh anak seusia itu, Cindy Hinds, mampu menggambarkan rasa tertekan dan takut dengan sangat realistis.

Dari segi keseluruhan bagi saya tensi film ini berjalan agak lambat dan terkesan membosankan. Banyak dialog-dialog serius yang jika diperhatikan sebenarnya tidak terlalu penting. Namun semua itu terbayar tuntas menjelang akhir film dimana teknik body horror ala Cronenberg yang -menurut saya-disajikan dengan amat sangat gila. Bahkan jauh lebih gila dibanding ketika saya menonton The Fly. Adegannya hanya beberapa menit namun sukses membuat ekpresi saya berubah drastis (percayalah kalian pasti juga akan seperti itu). Saya cukup heran mengapa Samantha Eggar, aktris yang pernah masuk nominasi Academy Award sebagai aktris terbaik, sampai mau memerankan peran yang mungkin bisa merusak imejnya.

Akhir kata, film ini mungkin lebih bisa membuat kalian merasa jijik dibanding merasa takut, but trust me, it’s still worth to try guys.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s